Rustic Wedding, Don’t You?

| 0 Komentar

Kamu sedang merencanakan pernikahan? Sibuk dengan mencari konsep pernikahan yang unik dan elegan tapi sesuai dengan budget kamu? Mungkin pernikahan dengan konsep rustic inilah salah satu pilihan tepatnya.

Apa sih konsep pernikahan rustic itu? Rustic sendiri merupakan kata yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang terkait dengan nuansa pedesaan nan sederhana. Dengan kata lain, pernikahan rustic (rustic wedding) merupakan pernikahan yang menggunakan banyak unsur-unsur alam dan dekorasi yang sederhana dan bersahaja dengan sentuhan warna-wana polos, kalem, netral, dan tidak mencolok.

Tema rustic wedding ini sedang hits baik di dalam dan di luar negeri lho! Trend ini kemungkinan akan bertahan lama karena rustic wedding di nilai sebagai tema pernikahan yang sangat indah dan fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kepribadian pasangan pengantin.

Lalu bagaimana sih tema rustic wedding dapat diterapkan dalam konsep pernikanmu? Berikut beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menjadikan pernikahanmu dengan tema rustic yang sangat kuat.

Pemilihan Venue

Pemilihan venue pernikahan sangat berpengaruh besar dalam menciptakan atmosfer pernikahan dengan tema rustic ini. Sebagian besar rustic wedding yang di adakan di Indonesia masih menggunakan venue outdoor seperti  taman, hutan, atau halaman belakang. Tapi taukah kamu kalau ada juga tempat indoor yang secara alami dapat memberikan suasana pedesaan tanpa perlu renovasi besar. Tempat dapat bervariasi dari gudang beras di pertanian atau bahkan conservatory. Pemilihan tempat yang unik dan berbeda akan membuat pernikahanmu dikenang dan selalu diingat oleh para tamu kalian lho!

Rustic Wedding in the Woods

Outdoor rustic wedding photo by Andrew Mark Photography

Dekorasi

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan dekorasi rustic wedding ini adalah pemilihan warna dan details. Warna-warna alam yang netral seperti classic white, ivory, atau warna tanah seperti beige & brown, atau green sebagai warna pohon. Sentuhan warna tambahan marsala, navy, ruby, atau burgundy juga mungkin ditambahkan untuk memperkuat aksen dalam pernikahanmu.  Terapkan warna-wana tersebut untuk semua dekorasi termasuk buket bunga, wedding cake, dan berbagai detail lainnya.

Buket Bunga Pernikahan

Rustic Wedding Bouquet by Twisted Willow Flowers

Wedding Cake

Rustic Wedding cake by Krizel Photography

Tanpa diduga, rustic wedding dapat menjadi konsep wedding yang ramah lingkungan karena berhubungan dekat dengan nuansa alam dan penggunaan bahan-bahan disekitar yang tidak terpakai untuk digunakan sebagai hiasan. Misalnya penggunaan potongan kayu yang sudah tidak terpakai, ranting, dan daun-daun di sekitar venue yang akan kamu gunakan. Kreativitas vendor pernikahan kamu mungkin akan diuji untuk membuat dekorasi yang indah dalam rustic wedding ini.

Wedding Dress

Lalu gaun seperti apa yang cocok digunakan untuk rustic wedding? Rule number one, jauhkan gaun-gaun yang terlalu heboh dan panjang untuk digunakan dalam rustic wedding. Gaun yang sederhana dengan tambahan di beberapa detaillah yang cocok menjadi pilihan untuk konsep pernikahan ini. Padupadankan gaun simple kamu dengan alas kaki yang nyaman.  Hindari high heels, beralihlah ke flat shoes, boots, atau sneakers untuk mendapatkan kesan santai. Untuk pengantin laki-laki, kami sarankan mengganti jas dengan vest agar terlihat senada dengan pengantin perempuan dan lagi-lagi gunakan alas kaki yang nyaman juga.

Wedding Dress

Rustic wedding dress photo by Doris Wedding

Wedding Invitation

Invitation atau undangan adalah salah satu elemen penting yang bisa menguatkan tema rustic wedding. Ketika kamu membuat atau menentukan design undangan, pastikan bahwa undangan tersebut juga mewakili jiwa dari pasangan yang akan menikah. Gunakan warna yang netral seperti beige atau putih dan kombinasikan dengan tekstur kayu atau marble. Pastikan designya juga simple tapi menarik. Jika undangan secara fisik sangat tidak memungkinkan untuk dikirim untuk kerabat atau teman yang berdomisi jauh dari kota tempat kamu tinggal, mungkin undangan online dengan tema rustic seperti yang ada pada kepelaminan.com ini  bisa jadi solusinya.

Rustic Wedding Invitation

Rustic wedding invitation by Loveofcreating

Penulis: Prima Nita

Fashion Designer wannabe...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Layanan Kepelaminan

Selamat Menempuh Hidup Baru